Press "Enter" to skip to content

Ternyata Spirulina Juga Baik Untuk Kesehatan Mata

Ternyata Spirulina Juga Baik Untuk Kesehatan Mata – Pernahkah Anda mendengar tentang manfaat spirulina untuk mata? Jika Anda belum mendengarkannya. Spirulina dapat bermanfaat bagi kesehatan mata Anda dalam banyak cara, salah satu cara paling signifikan berasal dari kandungan vitamin A-nya.

Spirulina memiliki kandungan Beta Karoten tinggi, yang dapat diubah menjadi vitamin A. Spirulina mengandung sekitar 10 kali kandungan beta karoten lebih banyak dibandingkan dengan wortel.

Ternyata Spirulina Juga Baik Untuk Kesehatan Mata
Ternyata Spirulina Juga Baik Untuk Kesehatan Mata

Menurut Hasil Penelitian Spirulina

Menurut National Institutes of Health, pria harus mendapat asupan vitamin A sekitar 3.000 IU setiap hari, dan wanita sekitar 2.300 IU setiap hari. Lihatlah apa yang akan diberikan spirulina bagi Anda. Per 100 gram spirulina Anda akan mendapatkan sekitar 352.000 IU vitamin A. Jadi saya rasa Anda tidak perlu khawatir tentang kekurangan vitamin A jika Anda mengkonsumsi spirulina.

Jika Anda bingung dengan apa yang dilakukan Beta carotene dengan vitamin A, inilah yang perlu Anda ketahui. Beta karoten diubah menjadi Vitamin A dalam bentuk Retinol dalam tubuh. Jadi sebenarnya bukan vitamin A, tapi bakal atau calon vitamin A.

Hal yang baik tentang mengkonsumsi Beta karoten daripada vitamin A langsung, adalah Anda tidak bisa overdosis. Ketika tubuh Anda mengubah Beta carotene menjadi Vitamin A, hanya akan mengubah jumlah yang dibutuhkan. Jadi tidak mungkin memiliki kelebihan Vitamin A dari sumber ini.

Bagaimana vitamin A meningkatkan kesehatan mata

Vitamin A membantu melindungi kornea, yang merupakan permukaan luar mata. Ini penting untuk memiliki penglihatan yang baik. Jika tidak terlindungi maka dapat dengan mudah rusak yang dapat menyebabkan penglihatan buram, sakit mata (merasa ada sesuatu di mata Anda), mata merah, dll.

Vitamin A juga penting untuk retina mata. Vitamin ini terlibat dalam konversi energi cahaya menjadi impuls saraf yang terjadi di retina. Selain diperlukan untuk fungsi retina, vitamin A juga membantu melindungi retina dari endapan rumpun yang dikenal sebagai “vitamin A dimer”. Gumpalan ini dapat menyebabkan hilangnya penglihatan yang lengkap dalam beberapa kasus, sehingga perlindungan membentuk mereka sangat penting.

Spirulina bekerja lebih baik daripada vitamin A sintetis

Salah satu masalah utama vitamin sintetis adalah mereka TIDAK bekerja dengan baik. Ada banyak penelitian di luar sana yang menunjukkan hal ini. Alasannya adalah bahwa banyak dari vitamin sintetis tidak mudah diserap oleh tubuh. Hanya karena beberapa hal “memiliki” nutrisi tidak berarti bahwa nutrisi tersebut diserap.

Beta karoten Spirulina mudah diserap oleh tubuh, menjadikannya suplemen vitamin A yang sangat efektif.

Satu studi yang membuktikan, yang diterbitkan dalam jurnal Plant Foods for Human Nutrition, menguji efek vitamin A sintetis dibandingkan vitamin A yang dihasilkan dari konsumsi spirulina.

Dalam penelitian ini satu kelompok tikus diberi makan vitamin A sintetis, sedangkan kelompok lain ditambahkan spirulina. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi vitamin A pada hati dalam kelompok yang melengkapi spirulina secara signifikan lebih tinggi daripada kelompok lain.

Selain penelitian ini orang lain juga menyetujui dengan kesimpulan bahwa spirulina merupakan sumber vitamin A yang berharga.

Mengurangi defisiensi vitamin A

Hanya untuk menunjukkan seberapa efektif spirulina untuk suplementasi vitamin A, lihatlah penelitian ini. Penelitian dilakukan pada 5.000 anak usia pra sekolah di Chennai, India. Ya, 5.000. Area yang dilakukan merupakan tempat dimana masih banyak yang mengalami kurang gizi dan kekurangan vitamin A.

Selama periode 5 bulan, anak-anak ini diberi dosis yang sangat rendah yaitu hanya 1 gram spirulina per hari. Tidak banyak, tetapi itu berhasil.

Hasilnya sangat mengejutkan untuk dosis kecil seperti itu. Kekurangan vitamin A diukur dengan kehadiran bintik-bintik Bitot (biasanya digunakan untuk mengukur ini). Rata-rata prevelence anak-anak dari bintik-bintik Bitot menurun dari 80% sampai ke hanya 10%.

Spirulina benar-benar bekerja!

Ini konklusif. Spirulina adalah sumber vitamin A. Dan inilah yang Anda butuhkan jika Anda ingin membantu mata Anda.

Anda selalu mendengar orang mengatakan untuk makan lebih banyak wortel karena baik untuk mata Anda, tetapi Anda tidak pernah mendengar ada yang mengatakan bahwa spirulina jauh lebih baik daripada wortel. Ini perlu diubah. Spirulina memiliki kandungan Beta carotene yang jauh lebih tinggi daripada wortel, ataupun ubi jalar.

Dan Beta karoten mudah diserap dan diubah menjadi vitamin A, tetapi tidak terlalu banyak. Ingat, Anda tidak akan overdosis vitamin A melalui konsumsi Beta karoten. Tidak mungkin.

Jadi konsumsilah spirulina dan tingkatkan kesehatan kornea dan retina Anda dengan spirulina. Ini mungkin perbaikan kecil yang Anda butuhkan saat Anda menua dan penglihatan Anda menurun.

Dimana beli spirulina?

Banyak produk spirulina yang telah dijual dipasaran baik ofline, online ataupun toko obat seperti apotik. Namun yang paling penting adalah Anda harus teliti saat memilih produk yang akan Anda konsumsi. Pilihlah produk spirulina yang tepat, yaitu yang memiliki legalitas dan kualitas terbaik. Pastikan komposisi yang digunakan merupakan spirulina murni, tanpa campuran bahan lain terutama bahan kimia.

Demikian informasi mengenai manfaat spirulina untuk mata, dan Ternyata Spirulina Juga Baik Untuk Kesehatan Mata. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menjadikan spirulina sebagai salah satu menu Andalan untuk meningkatkan kesehatan mata secara menyeluruh.

Baca juga : 

www.walatraspirulina.web.id | Ternyata Spirulina Juga Baik Untuk Kesehatan Mata

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *