Press "Enter" to skip to content

Manfaat Minum Sari Kurma

Manfaat Minum Sari Kurma –¬†Kaya akan berbagai nutrisi, serat, dan antioksidan, kurma menjadi populer di seluruh dunia dan dikonsumsi sebagai buah kering.

Manfaat Minum Sari Kurma

Sebuah penelitian tahun 2014 yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Qassim, Arab Saudi dan Universitas Terusan Suez, Mesir menyatakan bahwa kurma bermanfaat dalam mengobati berbagai kondisi karena sifat antiinflamasi, antioksidan, dan anti tumornya.

Apa itu Kurma?

Kurma adalah buah manis pohon kurma yang dikenal secara ilmiah sebagai Phoenix dactylifera. Mereka adalah salah satu makanan serbaguna terbaik yang dapat mengatur proses pencernaan dan telah telah popular belakangan ini.

Pohon kurma dapat ditanam di seluruh dunia terutama di seluruh daerah tropis. Anda juga bisa menggunakan molase kurma, pemanis alami yang dibuat dari sirup kurma, di smoothie atau makanan penutup menggantikan gula.

Institute of Medicine merekomendasikan asupan 25-38 gram serat makanan per hari, yang dapat berupa serat tinggi yang di pasok melalui makanan berserat tinggi seperti kurma.

Juga dikatakan bahwa mengkonsumsi buah-buahan kering ini dapat meningkatkan kesehatan mata dan mungkin efektif dalam menjaga terhadap masalah penglihatan seperti kebutaan malam. Kurma Medjool, khususnya, adalah salah satu varietas populer yang memiliki banyak manfaat.

The besar manfaat kesehatan yang berhubungan dengan tanggal telah membuat mereka salah satu bahan terbaik untuk pengembangan otot, kesehatan otak, keteraturan, dan banyak lagi.

Nutrisi Kurma

Menurut USDA , kurma adalah sumber energi, serat , gula, dan berbagai vitamin dan mineral yang baik. Mineral penting seperti kalsium, zat besi , fosfor, natrium, kalium, magnesium, belerang, dan seng dapat ditemukan di dalamnya.

Selain nutrisi yang disebutkan di atas, mereka juga mengandung vitamin penting seperti tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, folat, vitamin A, dan vitamin K.

Sebuah penelitian tahun 2008 yang diterbitkan dalam Critical Reviews in Food Science and Nutrition journal oleh para peneliti Cornell, Chang Yong Lee dan Mohamed Ali Al-Farsi menyarankan bahwa lebih dari 15% dari kebutuhan harian mineral penting seperti tembaga, kalium, magnesium, dan selenium dapat dipenuhi. Dengan mengkonsumsi 100 gram, atau sekitar 4 biji kurma per hari.

Membuat minuman sari kurma

Kurma dapat di konsumsi secara langsung ataupun di buat sebagai jus dan di ambil sarinya. Keduanya memiliki manfaat yang luar biasa.

Cara membuat sari kurma di rumah

  • Sediakan sekitar 3-4 biji kurma, atau sesuai selera Anda.
  • Buang bijinya dan tambahkan setengah cangkir air, bisa di ganti dengan susu jika Anda mau.
  • Rendam kurma dalam air hangat selama beberapa jam.
  • Hancurkan atau lembutkan kurma, bisa dengan menggunakan garpu atau sendok, atau yang praktis Anda blender.
  • Pindahkan kedalam gelas dan silahkan minum.

Manfaat Minum Sari Kurma

Mari kita lihat beberapa manfaat utama kurma secara rinci di bawah ini.

Manfaat Minum Sari Kurma

1. Sumber Energi yang Baik

Kurma mengandung gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Energi tinggi hadir di dalamnya. Banyak orang di seluruh dunia makan kurma yang rendah lemak alami ini untuk camilan sore cepat ketika mereka merasa lesu atau letih untuk membantu meningkatkan energi mereka dengan cepat.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition, menunjukkan bahwa kurma kaya nutrisi penting dapat membantu Anda mendapatkan kembali energi Anda dengan cepat.

Orang Islam dan menjalankan puasa, berbuka puasa dengan memakannya bersama air. Ini juga membantu menghindari makan berlebih saat puasa selesai. Ketika tubuh mulai menyerap kandungan nutrisinya yang tinggi, perasaan lapar menjadi hilang.

2. Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

Sebuah studi yang dipimpin oleh Musthafa Mohamed Essa, Ph.D. et al. menunjukkan bahwa kurma dapat melindungi dari stres oksidatif dan peradangan di otak.

Menurut penelitian, “buah kurma adalah sumber serat makanan yang baik dan kaya akan fenolat total dan antioksidan alami, seperti anthocyanin, asam ferulic, asam protocatechuic, dan asam caffeic”. Kehadiran senyawa polifenol ini berpotensi membantu memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dan demensia.

3. Kurma Kaya Serat dan Dapat Membantu Meringankan Sembelit

Dalam pengobatan tradisional Tunisia, kurma digunakan untuk mengobati sembelit. Menurut penelitian tentang efek serat makanan, makanan yang kaya serat sangat penting untuk meningkatkan pergerakan usus yang sehat dan memastikan perjalanan makanan lancar melalui saluran usus.

Sebuah studi tahun 2005 juga menunjukkan bahwa buah-buahan kering ini memiliki tingkat serat makanan dan serat yang tidak larut, khususnya. Serat larut yang ditemukan pada kurma akang meningkatkan kesehatan pencernaan dan juga dapat membantu dalam mengurangi gejala sembelit .

4. Mencegah dan Mengatasi Gangguan Usus

Penelitian menunjukkan kurma mengandung serat yang tidak larut dan larut, serta banyak asam amino bermanfaat yang dapat merangsang pencernaan makanan dan memastikan perjalanan cepat melalui saluran pencernaan.

Menurut ulasan yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition Review, serat juga dapat membantu dalam perawatan kondisi seperti penyakit refluks gastroesofageal (GERD), divertikulitis, dan wasir.

5. Berikan Bantuan dari Anemia

Kurma adalah sumber nutrisi yang baik, termasuk zat besi. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, suatu kondisi yang ditandai dengan kelelahan, pusing, kuku rapuh dan sesak napas.

Untungnya, meningkatkan asupan makanan kaya zat besi seperti kurma dapat membantu meringankan gejala anemia.

6. Cegah Penyakit Jantung

Sebuah studi oleh Waseem Rock et al. menyimpulkan bahwa konsumsi kurma efektif mengurangi kadar trigliserida dan mengurangi stres oksidatif, yang keduanya merupakan faktor risiko penyakit jantung dan aterogenesis , yang merupakan penumpukan plak lemak di arteri.

Kurma kaya akan antioksidan, yang dapat membantu mencegah atherogenesis dan membantu mengurangi risiko stroke. Kurma juga tinggi phytochemical yang juga dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung.

Selain itu, kurma adalah sumber kalium yang sangat kaya, yang hasil penelitiannya telah menunjukkan dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke serta penyakit terkait jantung lainnya.

7. Obati Disfungsi Seksual

Pada tahun 2006, sebuah penelitian pada hewan mengungkapkan efek kurma dan minyaknya terhadap fungsi seksual, hasilnya menunjukan bahwa tingginya kadar estradiol dan komponen flavonoid pada kurma membantu meningkatkan jumlah dan motilitas sperma.

Penelitian lain yang dilakukan di India menyatakan bahwa kurma telah digunakan untuk mengobati infertilitas pria dalam pengobatan tradisional.

Oleh karena itu, jika Anda mencari cara mudah untuk meningkatkan libido dan fungsi seksual, Anda dapat mempertimbangkan mengkonsumsi kurma secara teratur, karena sifat afrodisiak di dalamnya bisa mengatasi semua masalah tersebut.

8. Cegah Kebutaan Malam

Kekurangan vitamin A sering dikaitkan dengan kebutaan malam hari, bersama dengan gejala lain seperti mata kering dan peningkatan risiko infeksi.

Menurut sebuah artikel oleh HA Hajar Al Binali, MD, kurma kaya akan karotenoid, yang dapat membantu mencegah kebutaan malam hari dan menjaga penglihatan tetap sehat.

9. Membantu Mengobati Diare Kronis

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan oleh Columbia University Medical Center, makanan yang kaya kalium seperti kurma dapat membantu menggantikan dan mengisi elektrolit yang mungkin hilang karena diare kronis.

Berkat kandungan seratnya yang tinggi, kurma juga dapat membantu pencernaan dan dapat mengurangi diare kronis yang tidak terduga .

10. Memiliki Sifat Melawan Kanker

Penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Jeremy PE Spencer et al menyarankan bahwa makan kurma dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan memperlambat perkembangan dan penyebaran sel kanker kolorektal.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kurma menunjukkan aktivitas anti-tumor, meskipun mekanisme pastinya masih belum diketahui dan membutuhkan penelitian lebih lanjut.

11. Meningkatkan Kesehatan tulang

Sebuah publikasi oleh Julie Garden-Robinson, Ph.D., LRD et al. dan rekan dari North Dakota State University menunjukkan bahwa kurma mengandung boron yang merupakan salah satu nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Critical Reviews di Food Science and Nutrition menunjukkan bahwa sejumlah besar mineral seperti fosfor, kalium, kalsium, magnesium yang ditemukan dalam kurma menjadikannya makanan super untuk menguatkan tulang dan melawan penyakit tulang seperti osteoporosis.

Buah kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, yang semuanya dapat membantu mengelola kesehatan tulang, terutama di kalangan orang dewasa yang lebih tua.

12. Membantu Peningkatan Berat Badan yang Sehat

Menurut USDA, kurma kaya akan gula dan juga protein, serta banyak vitamin dan mineral penting lainnya. Kurma juga tinggi serat, yang dapat membantu dalam mengatur berat badan.

Sebuah penelitian pada hewan yang dilakukan pada tahun 2014 menunjukkan bahwa asupan kurma dapat membantu dalam penambahan berat badan.

Itulah Manfaat Minum Sari Kurma yang luar biasa. Terimakasih sudah berkunjung ke situs saya dan semoga informasi ini bisa membantu.

MAU SARI KURMA YANG SUDAH JADI DAN TINGGAL MINUM?

KLIK KURMAQU!

Sumber : www.organicfacts.net

www.spirulinakapsul.web.id | Manfaat Minum Sari Kurma

Be First to Comment

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *