Press "Enter" to skip to content

Manfaat Kurma

Manfaat Kurma – Kurma sangat populer karena ragam manfaat yang ada didalamnya. Kurma sangat identik dengan islam, ramadhan dan juga negara timur tengah, karena memang berasal dari negara-negara yang ada disana.

Manfaat Kurma

Kurma berbuah sepanjang tahun, dan akan banyak dicari ketika memasuki bulan ramadhan. Ini karena tradisi dan islam yang mengajarkan untuk makan makanan manis ketika berbuka puasa.

Kurma memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa yang manis. Kurma juga tinggi nutrisi penting dan memiliki berbagai kelebihan dan kegunaan.

Rasa yang manis dari kurma menjadi pilihan terbaik bagi orang-orang kaum muslimin. Bagi mereka, kurma tidak hanya manis, tetapi juga memiliki berbagai manfaat yang luar biasa yang bisa mereka dapatkan dengan mengkonsumsi buah tersebut.

Artikel ini akan membahas 8 manfaat kesehatan dari makan kurma dan bagaimana memasukkannya ke dalam diet Anda.

8 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Yang Sudah Terbukti

Banyak orang yang belum mengetahui manfaat kurma yang luar biasa ini. Sekarang mari kita bahas apa saja kandungan dan manfaat yang ada di dalamnya.

1. Kurma Sangat Bergizi

Kurma memiliki profil nutrisi yang sangat baik. Kurma yang dikeringkan kandungan kalorinya lebih tinggi dari kebanyakan buah segar. Kandungan kalori kurma mirip dengan buah-buahan kering lainnya, seperti kismis dan buah ara.

Sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat. Sisanya berasal dari jumlah protein yang sangat kecil. Terlepas dari kalori mereka, kurma mengandung beberapa vitamin dan mineral penting selain serat.

Satu porsi 3,5 ons (100 gram) menyediakan nutrisi berikut:

  • Kalori: 277
  • Karbohidrat: 75 gram
  • Serat: 7 gram
  • Protein: 2 gram
  • Kalium: 20% dari RDI
  • Magnesium : 14% dari RDI
  • Tembaga: 18% dari RDI
  • Mangan: 15% dari RDI
  • Besi: 5% dari RDI
  • Vitamin B6: 12% dari RDI

Kurma juga tinggi antioksidan, yang dapat membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan

Recommended Daily Intake (RDI) adalah acuan nilai jumlah konsumsi nutrisi yang dibutuhkan oleh individu sehat. RDI ini di rilis oleh Food and Drug Administration (FDA).

2. Kurma Tinggi Serat

Memenuhi kebutuhan serat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Dalam 3.5 ons kurma mengandung hampir 7 gram serat. Oleh sebab itu, mengkonsumsi kurma adalah cara yang bagus untuk memenuhi asupan serat yang dibutuhkan tubuh Anda.

Serat sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, termasuk mencegah sembelit. Dengan mengkonsumsi kurma, anda akan memiliki buang air besar secara teratur.

Dalam sebuah penelitian, 21 orang yang mengkonsumsi 7 kurma per hari selama 21 hari mengalami peningkatan frekuensi buang air besar dan memiliki peningkatan yang signifikan dalam pergerakan usus dibandingkan dengan ketika mereka tidak makan kurma.

Selanjutnya, serat dalam kurma juga bermanfaat untuk kontrol gula darah. Serat memperlambat pencernaan dan dapat membantu mencegah kenaikan kadar gula darah terlalu tinggi setelah makan.

Karena alasan ini, kurma memiliki indeks glikemik rendah (GI), yang mengukur seberapa cepat gula darah Anda naik setelah makan makanan tertentu.

3. Tinggi Antioksidan Penangkal Penyakit

Kurma menyediakan berbagai antioksidan yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan untuk ditawarkan, termasuk pengurangan risiko beberapa penyakit.

Antioksidan melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya dalam tubuh Anda dan menyebabkan penyakit.

Dibandingkan dengan jenis buah kering yang serupa, seperti buah ara dan prem kering, kurma memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi.

Berikut ini adalah tiga antioksidan paling kuat dalam kurma:

  • Flavonoid: Flavonoid adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan telah diteliti potensinya untuk mengurangi risiko diabetes, penyakit Alzheimer, dan jenis kanker tertentu.
  • Karotenoid: Karotenoid terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat mengurangi risiko gangguan terkait mata, seperti degenerasi makula.
  • Asam fenolik: Dikenal karena sifat anti-inflamasinya, asam fenolik dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Makan kurma dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Penelitian laboratorium menemukan bahwa kurma bermanfaat untuk menurunkan gejala inflamasi di otak, seperti interleukin 6 (IL-6). Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif yang lebih tinggi seperti Alzheimer.

Selain itu, penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa kurma bermanfaat untuk mengurangi aktivitas protein beta amiloid, yang dapat membentuk plak di otak. Ketika plak menumpuk di otak, maka dapat mengganggu komunikasi antara sel-sel otak, yang pada akhirnya akan menyebabkan kematian sel otak dan berkembangnya penyakit Alzheimer.

Satu penelitian pada hewan menemukan bahwa tikus yang diberi makan makanan yang dicampur dengan kurma memiliki daya ingat dan kemampuan belajar yang jauh lebih baik, serta perilaku yang berhubungan dengan kecemasan yang lebih sedikit, dibandingkan dengan tikus yang tidak memakan kurma.

5. Meningkatkan Energi

Kurma telah dipelajari untuk potensi mereka untuk meningkatkan dan meringankan persalinan jangka panjang pada wanita hamil.

Makan kurma selama beberapa minggu terakhir kehamilan dapat meningkatkan dilatasi serviks dan menurunkan kebutuhan akan persalinan yang di induksi. Mereka juga dapat membantu mempercepat proses melahirkan Anda.

Dalam satu penelitian, sebanyak 69 wanita yang mengkonsumsi 6 kurma per hari selama 4 minggu mereka memiliki 20% lebih mungkin untuk melahirkan secara alami (normal) dan dalam persalinan dengan waktu yang jauh lebih cepat daripada mereka yang tidak memakannya .

Penelitian lain dari 154 wanita hamil menemukan bahwa mereka yang makan kurma jauh lebih kecil kemungkinannya untuk di induksi dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Penelitian ketiga menemukan hasil yang sama pada 91 wanita hamil yang mengkonsumsi 70-76 gram kurma setiap hari mulai minggu ke 37 kehamilan. Mereka berada dalam persalinan aktif dengan rata-rata 4 jam lebih cepat dibandingkan orang yang tidak makan kurma.

Makan kurma membantu meningkatkan energi saat persalinan dan mengurangi durasi persalinan.

Kurma memiliki peran dalam kehamilan karena terdapat senyawa yang mengikatkan reseptor oksitosin dan sepertinya meniru efek oksitosin dalam tubuh. Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan kontraksi persalinan saat melahirkan.

Selain itu, kurma mengandung tanin, yang merupakan senyawa yang telah terbukti membantu memfasilitasi kontraksi. Kurma juga merupakan sumber gula alami dan kalori yang baik, yang diperlukan untuk mempertahankan tingkat energi selama persalinan.

6. Pemanis Alami Yang Sangat Baik

Kurma adalah sumber fruktosa, yang merupakan jenis gula alami yang ditemukan dalam buah. Oleh sebab itu, kurma sangat manis dan juga memiliki rasa seperti karamel yang lembut. Kurma dapat menjadi pengganti gula putih yang sehat karena nutrisi, serat, dan antioksidan yang ada di dalamnya.

Cara terbaik untuk mengganti gula putih dengan kurma adalah dengan membuat pasta atau selai kurma. Cara membuatnya yaitu dengan mencampur kurma dengan air dalam blender. Untuk penggunaannya, jika resep membutuhkan 1 cangkir gula, Anda ganti dengan 1 cangkir pasta kurma.

7. Memiliki Manfaat Kesehatan Potensial Lainnya

  • Kesehatan tulang

Kurma mengandung beberapa mineral, termasuk fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Semua ini telah diteliti terkait manfaatnya untuk mencegah gangguan tulang seperti osteoporosis.

  • Kontrol gula darah

Kurma berpotensi membantu mengatur gula darah karena indeks glikemiknya yang rendah, serat dan juga antioksidan. Jadi, memakannya bisa bermanfaat untuk mengatur diabetes.

8. Mudah Di Tambahkan Ke Berbagai Makanan

Kurma sangat fleksibel dan mudah di tambahkan pada berbagai camilan lezat. Kurma sering di kombinasikan dengan makanan lain, seperti almond, selai kacang atau keju lunak.

Anda juga bisa mengombinasikan kurma dengan kacang-kacangan dan biji-bijian untuk membuat snack atau makanan energi yang sehat. Anda juga bisa menggunakan kurma untuk mempermanis saus, seperti saus salad dan bumbu, atau mencampurnya menjadi smoothie dan oatmeal.

Garis bawahi!

Kurma adalah buah yang sangat sehat yang kaya akan nutrisi, serat dan antioksidan, yang semuanya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mulai dari pencernaan hingga pengurangan risiko penyakit.

Ada beberapa cara untuk menambahkan kurma ke dalam diet. Salah satunya adalah sebagai pemanis alami untuk berbagai hidangan. Kurma juga bisa dibuat menjadi camilan yang enak.

Sumber : https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-dates

 

www.spirulinakapsul.web.id | Manfaat Kurma

Be First to Comment

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *