Press "Enter" to skip to content

Makanan Sehat Terbaik untuk Menambah Berat Badan Dengan Cepat

Makanan Sehat Terbaik untuk Menambah Berat Badan Dengan Cepat – Orang yang memiliki tubuh kurus pasti ingin memiliki tubuh yang gemuk dan sebaliknya, orang gemuk pasti ingin tubuh yang lebih “kurus”. Kurus menurut orang gemuk bukan berarti kurus kekurangan berat badan, tapi lebih kurus daripada tubuh sebelumnya, atau bisa dikatakan ideal.

Makanan Sehat Terbaik untuk Mendapatkan Berat Badan dengan Cepat

Menurut sebagian orang kurus, menambah berat badan sama sulitnya dengan orang gemuk yang ingin menurunkan berat badan mereka.

Dalam artikel ini, saya akan memberikan informasi cara atau tips yang bisa membantu Anda menambah berat badan agar tubuh lebih berisi dan ideal. Tips atau cara yang akan saya sampaikan adalah aman, artinya bukan dengan cara ekstream yang membahayakan.

Anda hanya perlu makan enak, udah itu aja. Tapi untuk menunjang hal ini, Anda harus makan makanan yang tepat. Nah itulah point penting yang akan saya sampaikan disini.

Makanan Sehat Terbaik untuk Menambah Berat Badan Dengan Cepat

Berikut adalah 17 makanan terbaik untuk membantu Anda menambah berat badan atau menambah masa otot, dengan cara sehat dan aman.

1. Smoothie Protein Buatan Sendiri

Minum smoothies protein buatan sendiri bisa menjadi cara yang sangat baik, sehat, bergizi dan cepat untuk menambah berat badan.

Membuat smoothies sendiri merupakan cara terbaik karena produk smoothies yang dijual biasanya lebih banyak mengandung gula dan kekurangan nutrisi. Selain itu, dengan membuat sendiri, Anda juga bisa mengontrol rasa dan kandungan nutrisi sesuai yang Anda butuhkan.

Berikut ini beberapa variasi smoothies lezat yang dapat Anda coba

  • Pisang kacang cokelat: Campurkan 1 pisang, 1 sendok protein whey cokelat dan 1 sendok makan (15 ml) kacang atau selai kacang lainnya.
  • Vanilla berry shake: Campurkan 1 cangkir (237 ml) buah beri segar atau beku, es, 1 cangkir (237 ml) yogurt alami protein tinggi dan 1 sendok protein whey vanila.
  • Chocolate hazelnut shake: Campurkan 15 ons (444 ml) susu cokelat dengan 1 sendok protein whey cokelat, 1 sendok makan (15 ml) mentega hazelnut dan 1 buah alpukat.
  • Apel karamel: Campurkan 1 iris apel, 1 cangkir (237 ml) yogurt alami, 1 sendok protein whey karamel atau rasa vanili dan 1 sendok makan (15 ml) saus karamel atau penyedap bebas gula.
  • blueberry vanila shake : Campurkan 1 cangkir (237 ml) blueberry segar atau beku, 1 sendok protein whey vanila, 1 cangkir (237 ml) yogurt dan pemanis vanilla jika diperlukan.
  • Super hijau shake: Campurkan 1 cangkir (237 ml) bayam, 1 buah alpukat, 1 pisang, 1 cangkir (237 ml) nanas dan 1 sendok protein whey tanpa rasa atau vanili.

Semua smoothies ini menyediakan sekitar 400-600 kalori, ditambah dengan sejumlah besar protein, vitamin dan mineral penting lainnya.

RINGKASAN

Ada banyak resep smoothie protein lezat. Hindari smoothies komersial atau produk jadi, karena mungkin mengandung tambahan gula dan memiliki sedikit gizi.

2. Susu

Susu telah digunakan sebagai salah satu cara untuk menambah berat badan atau pembentuk otot selama beberapa dekade.

Susu menyediakan keseimbangan protein, karbohidrat dan lemak yang baik dan juga merupakan sumber kalsium, serta vitamin dan mineral lainnya.

Bagi mereka yang sedang ingin menambah berat badan atau untuk menambah masa otot, susu adalah sumber protein yang sangat baik yang menyediakan protein kasein dan whey. Penelitian bahkan telah menunjukkan hal ini, dan terbukti dapat membantu Anda menambahkan otot ketika dikombinasikan dengan olahraga.

Selain itu, penelitian telah menemukan bahwa susu, atau kombinasi protein whey dan kasein, dapat menyebabkan perolehan massa yang lebih besar daripada sumber protein lain.

Cobalah minum sekitar satu atau dua gelas susu setiap hari, saat makan makan, atau sebelum dan sesudah olahraga jika Anda berlatih.

RINGKASAN

Minum susu adalah cara yang bagus untuk menambah protein ke dalam diet Anda. Susu mengandung protein kasein dan whey yang bisa memenuhi kebutuhan Anda.

3. Beras

Beras adalah sumber karbohidrat yang berlimpah dan murah untuk membantu Anda menambah berat badan. Hanya 1 cangkir (165 gram) beras yang dimasak sudah menyediakan 190 kalori, 43 gram karbohidrat, dan sangat sedikit lemak.

Tapi kok di Indonesia makanan pokonya beras, masih banyak yang kurus ya 😀 Untuk masalah ini, ada penyebab dan alasan lainnya.

Dengan mengkonsumsi nasi, berarti Anda dapat dengan mudah memperoleh karbohidrat dan kalori yang tinggi dari satu porsi makan Anda. Tentunya ini membantu Anda untuk menambah berat badan, lebih baik lagi jika konsumsi nasi ditambah dengan lauk yang sehat dan bergizi.

RINGKASAN

Beras merupakan sumber karbohidrat yang mudah dikonsumsi dan dicerna. Sangat cocok untuk Anda yang ingin menambah berat badan selama dikonsumsi dalam porsi yang cukup.

4. Kacang-kacangan dan Nut Butters (mentega kacang)

Kacang-kacangan dan mentega kacang adalah pilihan yang sempurna jika Anda ingin menambah berat badan. Segenggam kecil kacang almond mengandung lebih dari 7 gram protein dan 18 gram lemak sehat. Dengan demikian, cukup dua genggam per hari dalam makanan atau sebagai kudapan dapat dengan membantu menambah ratusan kalori cepat.

Mentega kacang juga dapat ditambahkan ke berbagai makanan ringan atau hidangan, seperti smoothies, yogurt dan banyak lagi. Namun, pastikan Anda memilih mentega kacang 100% tanpa tambahan gula atau minyak.

RINGKASAN

Kacang-kacangan dan mentega kacang adalah makanan yang lezat dan berkalori tinggi. Sangat bagus dan mudah untuk ditambahkan ke berbagai makanan ringan atau makanan lainnya.

5. Daging Merah

Daging merah mungkin adalah salah satu makanan pembentuk otot terbaik yang tersedia saat ini. Danging merah merupakan salah satu makanan mewah, karena selain enak, daging ini juga memiliki kandungan gizi yang bagus.

Olahan dari daging merah seperti steak, mengandung sekitar 3 gram leusin per 6 ons (170 gram). Leucine adalah asam amino penting yang dibutuhkan tubuh Anda untuk merangsang sintesis protein otot dan menambah jaringan otot baru.

Selain itu, daging merah adalah salah satu sumber creatine alami terbaik, yang merupakan suplemen pembentuk otot terbaik di dunia

Dalam sebuah penelitian, 100 wanita lansia menambahkan 6 ons (170 gram) daging merah ke dalam makanan mereka dan melakukan pelatihan ketahanan enam hari seminggu selama enam minggu.

Para wanita memperoleh berat badan, memiliki peningkatan 18% dalam kekuatan dan peningkatan hormon pembentukan otot penting IGF-1.

Daging tanpa lemak dan berlemak merupakan sumber protein yang baik, meskipun daging berlemak memberikan lebih banyak kalori, yang dapat membantu Anda menambah berat badan.

RINGKASAN

Daging merah adalah sumber protein yang sangat baik yang akan membantu Anda mendapatkan otot yang lebih berisi dan kuat. Daging merah mengandung leucine, asam amino yang membantu merangsang sintesis protein otot. Semakin berlemak, semakin banyak kalori yang Anda konsumsi.

6. Kentang dan Kanji

Kentang dan makanan bertepung lainnya adalah cara yang sangat mudah dan hemat biaya untuk menambah kalori dan berat badan Anda.

Cobalah untuk memilih salah satu sumber karbohidrat yang sehat ini:

  • Biji gandum
  • Gandum
  • Jagung
  • Soba
  • Kentang dan ubi jalar
  • Labu
  • Sayuran akar musim dingin
  • Kacang dan polong-polongan

Tidak hanya menambah berat badan, tetapi juga dapat meningkatkan kekuatan dan masa otot dengan baik.

Glikogen adalah sumber energi utama untuk sebagian besar olahraga dan aktivitas. Banyak dari sumber karbohidrat ini juga menyediakan nutrisi dan serat penting, serta pati resisten.

RINGKASAN

Pati sehat adalah cara yang bagus untuk mendapatkan nutrisi dan serat yang penting, meningkatkan asupan kalori dan meningkatkan toko glikogen otot Anda.

7. Ikan Salmon dan Ikan Berminyak

Seperti daging merah, ikan salmon dan ikan berminyak adalah sumber protein yang sangat baik dan lemak sehat yang penting.

Dari semua nutrisi yang diberikan ikan salmon dan ikan berminyak, asam lemak omega-3 termasuk yang paling penting dan terkenal. Asam lemak ini menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan dan melawan penyakit.

Satu 6-ons (170 gram) fillet salmon menyediakan sekitar 350 kalori dan 4 gram lemak omega-3. Juga mengandung 34 gram protein berkualitas tinggi, membantu Anda membangun otot atau menambah berat badan.

RINGKASAN

Ikan salmon dan ikan berminyak lainnya adalah sumber lemak omega-3 yang sangat sehat. Mereka juga menyediakan protein berkualitas tinggi untuk membantu membangun otot.

8. Suplemen Protein

Suplemen protein adalah strategi umum para atlet dan binaragawan yang ingin menambah berat badan. Suplemen protein whey dan penambah berat badan dapat menjadi strategi yang sangat mudah dan hemat biaya untuk menambah berat badan, terutama bila dikombinasikan dengan latihan otot.

Beberapa orang berpikir bahwa protein whey tidak sehat atau tidak alami, tetapi ini tidak benar. Whey protein terbuat dari susu dan telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko penyakit.

Seperti daging dan produk hewani lainnya, protein whey mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan untuk merangsang pertumbuhan otot. Anda dapat menggunakannya sebelum atau sesudah olahraga dan pada waktu lain di siang hari.

RINGKASAN

Suplemen protein adalah tambahan yang sederhana dan terjangkau untuk menambah berat badan dan menguatkan otot, karena dapat membantu untuk membantu meningkatkan asupan protein.

9. Buah Kering

Buah kering adalah camilan berkalori tinggi yang juga menyediakan antioksidan dan mikronutrien. Anda bisa mendapatkan berbagai jenis buah kering. Namun, mereka memiliki kandungan gula yang tinggi. Oleh sebab itu Anda tidak boleh mengkonsumsinya terlalu banyak.

Buah kering sangat hebat untuk membuat Anda lebih gemuk, terutama karena rasanya yang enak jadi bisa dijadikan sebagai camilan.

Buah kering mengandung banyak serat dan sebagian besar vitamin serta mineral mereka tetap utuh maski telah dikeringkan.

Coba gabungkan buah kering dengan sumber protein lainnya, seperti potongan daging atau protein whey shake. Buah kering juga dapat dicampurkan dengan kacang dan yogurt alami yang menyediakan campuran lemak sehat, protein dan nutrisi kunci lainnya.

RINGKASAN

Buah kering mengandung kalori, serat yang sehat dan antioksidan. Ini merupakan cara mudah untuk menambahkan nutrisi dan kalori pada diet.

10. Roti Gandum

Roti gandum adalah sumber karbohidrat lain yang baik untuk membantu menambah berat badan. Anda dapat membuat makanan yang sangat sederhana, berkalori tinggi dan seimbang dengan menggabungkan roti dengan sumber protein seperti telur, daging dan keju.

Saat membeli roti, cobalah roti gandum dan biji-bijian alami.

RINGKASAN

Roti gandum efektif untuk menambah berat badan, terutama bila dikombinasikan dengan sumber protein yang baik.

11. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak sehat yang cukup tinggi. Tidak seperti buah lainnya, alpukat cukup padat kalori. Oleh karena itu, alpukat merupakan makanan yang bagus untuk membantu Anda menambah berat badan.

Satu buah alpukat besar mengandung sekitar 322 kalori, 29 gram lemak dan 17 gram serat. Alpukat juga kaya akan vitamin, mineral dan berbagai senyawa tumbuhan bermanfaat. Coba tambahkan alpukat ke dalam makanan utama dan hidangan lainnya seperti omelet atau sandwich.

RINGKASAN

Alpukat penuh dengan lemak dan nutrisi sehat. Buah ini serba guna dan dapat ditambahkan ke makanan yang berbeda atau dimakan secara langsung.

12. Sereal Sehat

Sereal sehat dapat menjadi sumber karbohidrat, kalori, dan nutrisi yang sangat baik. Namun ada beberapa sereal yang harus Anda hindar, diantaranya sereal yang diproses dengan kandungan gula tinggi. Sereal dalam bentuk yang lebih sehat seperti oatmeal dapat menjadi sumber karbohidrat yang bagus untuk menambah berat badan.

Sereal dan gandum juga mengandung nutrisi yang bermanfaat seperti serat dan antioksidan yang sehat. Saat membeli sereal, pastikan untuk membaca label dan hindari sereal dengan biji-bijian olahan atau gula tambahan.

RINGKASAN

Mengkonsumsi sereal merupakan cara yang bagus untuk menambah berat badan dan mengonsumsi lebih banyak serat. Namun, tetap pada bentuk yang sehat seperti oatmeal.

13. Cokelat Gelap

Cokelat hitam berkualitas tinggi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan manfaat kesehatan yang baik. Seperti makanan berlemak tinggi lainnya, cokelat hitam memiliki kepadatan kalori yang sangat tinggi, yang berarti Anda akan lebih mudah untuk menambah berat badan.

Setiap 100-gram (3,5-ons) memiliki sekitar 600 kalori dan ditambah dengan mikronutrien serta senyawa yang meningkatkan kesehatan, termasuk serat, magnesium dan antioksidan.

RINGKASAN

Coklat hitam mengandung antioksidan dan nutrisi lainnya, bersama dengan banyak kalori untuk membantu menambah berat badan.

14. Keju

Keju telah menjadi makanan pokok selama berabad-abad. Seperti cokelat hitam, keju juga tinggi kalori dan lemak. Keju juga merupakan sumber protein yang sangat baik. Sehingga sangat tepat untuk Anda yang ingin menggemukan badan.

Keju merupakan makanan yang lezat dan bisa Anda campurkan dengan makanan apapun sesuai selera Anda.

RINGKASAN

Keju adalah sumber protein yang sangat baik dan kaya akan lemak sehat. Tambahkan ke makanan untuk menambah kalori dan rasa.

15. Telur

Telur adalah salah satu makanan pembentuk otot yang paling sehat di planet ini. Telur menyediakan kombinasi yang bagus antara protein berkualitas tinggi dan lemak sehat. Hampir semua nutrisi yang bermanfaat dalam telur ditemukan di kuning telur.

Selama Anda tidak memiliki alergi terhadap telur, Anda tidak perlu membatasi konsumsi telur Anda – Anda dapat memakan tiga butir telur per hari jika Anda mau. Bahkan, banyak atlet atau binaragawan akan makan enam atau lebih setiap hari.

RINGKASAN

Telur adalah salah satu makanan terbaik untuk membangun otot. Tidak ada batasan jumlah yang harus Anda makan dalam sehari, dan mereka kaya nutrisi.

16. Yoghurt Penuh Lemak

Yogurt penuh lemak adalah camilan sehat dan lezat. Yoghurt ini memiliki profil nutrisi yang luar biasa, termasuk protein, karbohidrat, dan lemak yang seimbang.

Ada banyak makanan ringan dan resep penambah berat badan yang sehat dengan yogurt. Berikut beberapa di antaranya:

  • Yogurt dan buah
    • Campur 1-2 cangkir yogurt dengan buah segar atau kering. Anda juga bisa menambahkan kacang, biji-bijian, madu, granola atau parutan kelapa.
  • Puding selai kacang cokelat
    • Campur 1-2 cangkir yoghurt dengan bubuk kakao 100%, kacang atau mentega kacang dan pemanis seperti stevia. Anda juga dapat menambahkan satu sendok protein whey untuk mendapatkan lebih banyak protein.
  • Yogurt parfait
    • Campurkan 1-2 cangkir yogurt dengan granola dan buah beri. Anda bisa memakannya sebagai sarapan yang lezat dan seimbang atau camilan sehat.
  • Smoothies
    • Yogurt adalah makanan tambahan yang sangat baik untuk hampir semua smoothie dapat meningkatkan kandungan protein dan membuatnya lebih creamy, seperti milkshake.

RINGKASAN

Yogurt penuh lemak dapat membantu Anda menambahkan lemak dan protein sehat untuk diet Anda.

17. Lemak dan Minyak Sehat

Lemak dan minyak sehat adalah makanan yang paling padat kalori di planet ini. Cukup tambahkan satu sendok makan (15 ml) minyak ke saus, salad, dan selama memasak, dapat dengan cepat menambah 135 kalori. Minyak sehat termasuk minyak zaitun extra virgin, minyak alpukat dan minyak kelapa.

RINGKASAN

Penting untuk memasukkan lemak dan minyak sehat dalam diet Anda, terutama jika Anda mencoba menambah berat badan.

Garis bawahi!

Rahasia di balik kenaikan berat badan adalah konsisten mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuh Anda. Mengangkat beban berat atau olahraga juga penting, sehingga kalori tambahan dapat digunakan untuk membangun otot, bukan hanya menambahkan lemak.

Sekian informasi Makanan Sehat Terbaik untuk Menambah Berat Badan Dengan Cepat yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan semoga sehat selalu 🙂

Sumber : www.healthline.com

www.spirulinakapsul.web.id | Makanan Sehat Terbaik untuk Menambah Berat Badan Dengan Cepat

Be First to Comment

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Bertanya gratis lho..