Press "Enter" to skip to content

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Aman Selama Kehamilan

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Aman Selama Kehamilan

Di dunia yang sempurna, Anda telah merencanakan kehamilan Anda dengan segala cara. Ini termasuk menurunkan berat badan ideal Anda sebelumnya. Tetapi bagi banyak wanita, ini tidak realistis. Kehamilan, saat yang menyenangkan, bisa berubah menjadi dilema berat bagi wanita yang sudah kelebihan berat badan. Ini karena berat badan yang tak terelakkan terkait dengan memiliki bayi.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Aman Selama Kehamilan

Untungnya, penelitian yang berkembang menunjukkan bahwa menurunkan berat badan selama kehamilan bisa dilakukan dan bahkan menguntungkan bagi beberapa wanita yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas (memiliki BMI lebih dari 30). Ada beberapa Cara Menurunkan Berat Badan Secara Aman Selama Kehamilan.

Buat rencana untuk menurunkan berat badan secara bertahap selama kehamilan

Tubuh Anda memberi nutrisi dan membawa mereka selama sekitar 40 minggu, membantu mereka tumbuh dan berkembang. Memiliki berat badan berlebih dapat menyebabkan masalah selama kehamilan karena dapat menghalangi proses pertumbuhan mereka.

Memiliki tubuh gemuk saat hamil dapat menyebabkan beberapa masalah seperti:

  • lahir prematur
  • stillbirth
  • kelahiran secara sesar
  • cacat jantung pada bayi
  • diabetes pada ibu (dan diabetes tipe 2 di kemudian hari)
  • tekanan darah tinggi pada ibu
  • preeklampsia : bentuk tekanan darah tinggi yang berat yang juga dapat mempengaruhi organ lain seperti ginjal
  • sleep apnea
  • gumpalan darah (terutama di kaki)
  • infeksi pada ibu

Meskipun bahaya seperti itu, pendekatan terbaik Anda untuk menurunkan berat badan adalah melalui rencana yang konsisten, namun bertahap dengan fokus pada perubahan gaya hidup sehat. Penurunan berat badan bertahap adalah yang terbaik untuk tubuh dan bayi.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Aman Selama Kehamilan

Jika dokter menyarankan Anda menurunkan berat badan, berikut ini Cara Menurunkan Berat Badan Secara Aman Selama Kehamilan.

1. Ketahui berapa banyak berat badan yang Anda butuhkan

Menentukan berapa jumlah berat badan yang Anda targetkan merupakan hal yang penting. Hal ini dapat mengontrol proses penurunan berat badan Anda sehingga Anda akan mendapatkan berat badan yang benar-benar ideal. Terlalu kurus juga tidak bagus saat hamil, oleh sebab itu targetkanlah berat badan Anda dengan baik.

2. Kurangi kalori

Cara pertama Anda dapat menurunkan berat badan berlebih adalah dengan mengurangi asupan kalori harian Anda. Makan lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar adalah penyebab paling umum dari penambahan berat badan. Dibutuhkan defisit 3.500 kalori untuk kehilangan 1 pon. Selama rentang satu minggu, ini setara dengan sekitar 500 kalori per hari untuk hilangkan.

Sebelum Anda mengurangi banyak kalori dari diet Anda, pastikan untuk menyimpan catatan dan mencari tahu berapa banyak kalori yang benar-benar Anda makan. Anda dapat berbicara dengan ahli diet untuk mendiskusikan rencana makan Anda. Anda juga dapat melihat label nutrisi untuk makanan dari toko atau restoran untuk mengetahui berapa banyak kalori dalam setiap makanan.

Perlu diingat bahwa wanita hamil harus makan tidak kurang dari 1.700 kalori per hari. Ini adalah minimum dan membantu memastikan bahwa Anda dan bayi Anda mendapatkan cukup energi dan nutrisi secara teratur.

Jika Anda biasanya mengonsumsi lebih banyak kalori daripada ini, pertimbangkan untuk mengurangi secara bertahap. Misalnya, Anda dapat:

  • makan dalam porsi kecil
  • kurangi bumbu buatan
  • menukar lemak tidak sehat (seperti mentega) dengan lemak nabati (coba minyak zaitun)
  • perbanyak makan buah
  • makan sayur-sayuran, bukan karbohidrat tradisional
  • ganti soda, dengan air sebagai gantinya
  • hindari junk food dalam jumlah besar, seperti keripik atau permen

Minumlah vitamin prenatal setiap hari untuk memastikan Anda mendapatkan semua nutrisi yang Anda dan bayi perlukan. Folat sangat penting, karena membantu mengurangi risiko cacat lahir.

3. Olahraga 30 menit setiap hari

Beberapa wanita takut berolahraga karena takut akan membahayakan bayi mereka. Tapi tidak semua olahraga dapat membahayakan. Ada beberapa olahraga yang bermanfaat bagi ibu hamil.

Ini dapat membantu Anda mempertahankan berat badan, mengurangi cacat lahir, dan bahkan meringankan beberapa rasa sakit dan nyeri yang Anda alami selama kehamilan.

Rekomendasi saat ini tidak berbeda dari wanita yang tidak hamil: 30 menit aktivitas per hari. Jika ini terlalu lama, Anda bisa membangi 30 menit ini ke dalam beberapa waktu yang lebih pendek.

Beberapa olahraga terbaik untuk wanita hamil adalah:

  • renang
  • berjalan
  • berkebun
  • yoga prenatal
  • jogging

Di sisi lain, Anda harus menghindari beberapa kegiatan berikut:

  • bergantung pada keseimbangan, seperti bersepeda, ski, spatu roda, skateboard, dll.
  • aktivitas yang dilakukan dalam suhu panas
  • aktivitas yang menyebabkan rasa sakit
  • aktivitas yang membuatmu pusing
  • kegiatan yang dilakukan di punggung Anda (setelah 12 minggu kehamilan), seperti memikul benda berat, dll.

4. Tangani masalah berat badan sejak dini

Meskipun berat badan Anda akan bertambah secara alami dari kehamilan Anda, sebagian besar kenaikan berat badan ini terjadi pada trimester kedua dan ketiga. Bayi Anda juga tumbuh dengan cepat selama dua bulan terakhir kehamilan. Anda tidak dapat mengontrol kenaikan berat badan yang dikaitkan dengan bayi Anda dan elemen pendukung seperti plasenta, jadi sebaiknya Anda mengatasi masalah berat badan di awal kehamilan.

Beberapa keberhasilan dalam intervensi berat badan di antara wanita hamil telah dilaporkan melalui penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Obesity. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang menerima saran antara minggu ke 7 dan 21 kehamilan cenderung tidak mengalami kelebihan berat badan selama trimester ketiga. Kelompok wanita yang sama yang dipelajari juga mendapat manfaat dari pertemuan kelompok dukungan mingguan.

Ini hanyalah satu contoh ketika perencanaan awal membantu mencegah kenaikan berat badan berlebih. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, atau mengontrol jumlah berat badan yang Anda dapatkan secara keseluruhan selama kehamilan, pastikan untuk meminta bantuan dokter Anda untuk membuat rencana sejak dini. Dokter Anda juga dapat merujuk Anda ke ahli gizi untuk saran lebih lanjut dan perencanaan makan.

Langkah selanjutnya

Bagi kebanyakan wanita hamil, penatalaksanaan berat badan lebih aman daripada segala bentuk penurunan berat badan yang signifikan. Meskipun manfaat memiliki BMI lebih rendah selama kehamilan, menurunkan berat badan tidak sesuai untuk semua wanita.

Bagian dari kekhawatiran berasal dari metode penurunan berat badan tradisional: pemotongan kalori dan olahraga. Sangat penting untuk memperhatikan asupan kalori dan berolahraga selama kehamilan. Tetapi berlebihan melakukan sesuatu yang ekstrem dapat berpotensi membahayakan bayi Anda. Inilah sebabnya mengapa kebanyakan dokter tidak merekomendasikan penurunan berat badan selama kehamilan, kecuali Anda mengalami kelebihan berat badan secara signifikan.

Diskusikan pertanyaan atau kekhawatiran Anda dengan dokter Anda. Dokter Anda dapat membantu Anda membuat keputusan teraman untuk Anda dan bayi. Anda selalu dapat mengontril kembali rencana penurunan berat badan yang sehat secara keseluruhan setelah bayi Anda lahir.

University of Illinois-Chicago, College of Medicine

Sumber : https://www.healthline.com/health/pregnancy/how-to-lose-weight-safely

Itulah beberapa infromasi Cara Menurunkan Berat Badan Secara Aman Selama Kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Terimakasih 🙂

www.spirulinakapsul.web.id | Cara Menurunkan Berat Badan Secara Aman Selama Kehamilan

Be First to Comment

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Bertanya gratis lho..